Friday, September 26, 2014

Budidaya Hewan Ternak dan Pakan: Budidaya Cacing Sutera Sendiri Untuk Pakan Larva

Budidaya Cacing Sutera Sendiri Untuk Pakan Larva

Kebanyakan dari pembudidaya seperti ikan lele memberikan cacing sutera untuk pakan larva lele , namun yang menjadi kendala adalah cacing sutera ini susah didapat kalaupun dibeli harga sangat tinggi dan tergantung dari musimnya. Yang menjadi pertanyaan kenapa pembudidaya pembernihan ikan lele atau lainnya tidak membudidayakan sendiri cacing sutera. karena kalau dibudidaya tentukan akan membuat biaya pakan larva atau benih ikan lele menjadi murah. Namun untuk membudidayakan cacing sutera tidaklah mudah dan tidak juga terlalu rumit. Lalu bagaimana cara budidaya cacing sutera ini.? berikut penjelasannya :

Yang pertama adalah media dan bahan atau tempat hidup cacing sutera, di alam kalau kita lihat cacing sutera didapat di parit parit atau selokan kecil yang airnya tidak terlalu dalam dari permukaan tanah namun airnya tetap mengalir, lalu bagaimana caranya untuk membudidayakannya seperti itu.
  1. Siapkan bak (terpal atau beton) ukuran 0.5 m x 4 m dan tinggi 20 cm
  2. Lumpur yang halus, karena kalau tidak halus maka akan membuat cacing akan susah untuk bergerak kelumpur maupun keluar sehingga mengakibatkan kematian paca cacing sutera.
  3. Aerator untuk sirkulasi air minimal 0.5 liter permenit, karena cacing sutera suka hidup diair yang dangkal dan mengalir oleh karena itu dengan aerator membuat air tetap mengalir.
  4. Atap atau dinding dari kawat halus untuk melindungi cacing sutera dari hujan dan meneduhkannya dari sinar matahari langsung serta melindungi dari predator yang memakan cacing selama pemeliharaan.
  5. Pipa 1 inchi sekitar 20 cm untuk output air kedalam bak sedot aerator kemudian pipa 1 inchi  1 batang panjang 4m untuk pembuangan air ke ujung kolam. Lihat Gambar Media Cacing Sutera dibawah ini.

Yang Kedua siapkan cacing suteranya. untuk awal bisa cari sendiri atau beli kepada peternak cacing sutera lainnya sekitar 2 - 3 liter lalu tebar merata diatas wadah sepanjang 4 m.
Yang ketiga sebelum tebar cacing media lumpur sudah didiamkan selama 3 hari setelah dikasih kohe atau fermentasi kotoran hewan sebagai pakan untuk cacing sutera.
Yang ke empat Pakan Cacing Sutera. Fermentasi kotoran sapi selama 4 hari. dan setiap hari ditebar kekolam cacing sutera untuk pakannya.
Setelah 30 sampai 50 hari cacing sutra sudah berkembang dan bisa dipanen setiap 2 minggu sekali.

No comments:

Post a Comment