Friday, October 3, 2014

Budidaya Hewan Ternak dan Pakan: Pakan Alternatif Lele Dari Ulat Limbah Sawit (Maggot)

Pakan Alternatif Lele Dari Ulat Limbah Sawit (Maggot)


Pakan Ikan Dari Ulat Maggot Limbah Kelapa Sawit
Pakan alternatif ikan lele dari ulat (maggot) limbah sawit sangat ekonomis untuk kebutuhan usaha sendiri yang bersifat tradisional menjadi intensif, tepung maggot sebagai salah satu campuran pakan untuk menaikkan protein yang tinggi. Lalu bagaimana cara mendapatkan ulat atau maggot dari limbah sawit. Pengolahan limbah sawit termasuk membantu program pemerintah dalam menanggulangi limbah pabrik kelapa sawit seperti tandan kosong sawit yang hampir setiap hari ada dan terus bertambah karena pabrik terus memproduksi minyak sawit.
Hermetia IllucensJika kita jalan di tumpukan limbah tandan sawit kosong maka coba diperhatikan maka akan ada ulat atau maggotnya biasanya maggot dari telur telur lalat black soldier bukan dari lalat hijau, lalat hijau biasanya dari limbah seperti bangkai atau yang berbau busuk seperti ikan, sementara maggot dari lalat black soldier ini lebih dominan dilimbah sawit, karena limbah sawit tidak mengeluarkan bau busuk seperti bangkai justru baunya yang tidak menyengat dan jarak baunya juga tidak jauh. namun tidak menutup kemungkinan lalat hijau tidak bisa berkembang dilimbah sawit ini namun caranya saja yang harus dilakukan seperti untuk memancing lalat hijau datang maka harus menggunakan pancingan bau yang busuk seperti ikan asin.

lalat buahBagaimana cara mendapatkan maggot dari limbah sawit jika kita mengolah sendiri limbahnya. Limbah tersebut difermentasi dengan cara dicampur air (disiram supaya lembab) dan dibiarkan lembah terus selama 3 sampai 4 hari dan usahankan ditempat yang terbuka kalau bisa dimasukkan didalam bak atau kolam ukuran 2m x 2m sehingga selama 3 atau 4 hari maka mengundang lalat black soldier maupun lalat lainnya yang akan menghampiri untuk makan dan sekaligus bertelur dilimbah sawit, lalu setelah 2 sampai 3 minggu telur lalat atau serangga lainnya akan menetas menjadi maggot dan sudah bisa dipanen sesuai ukuran yang diinginkan, namun dalam memanen jangan terlalu lama karena maggot tadi akan berubah menjadi lalat atau serangga lagi.

Pakan Alternativ Ikan Lele Limbah SawitPakan alternatif yang ramah lingkungan dan mudah diaplikasikan oleh seluruh masyarakat, terutama didaerah yang ada pabrik kelapa sawit sehingga limbahnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk produksi belatung atau maggot.
Dengan harga limbah tangkos yang murah bisa memproduksi tepung maggot yang berkualitas untuk pakan alternatif.
Ini ulat atau maggot dari limbah kelapa sawit (Tangkos-Tandan Kosong). Lihat juga Video Pakan Alternatif Ikan dari Limbah Sawit nya dibawah ini.

No comments:

Post a Comment