Tuesday, March 24, 2015

Budidaya Hewan Ternak dan Pakan: Belatung (Maggot)

Belatung (Maggot)

Belatung (Maggot) identik dengan jijik dan sampah pengganggu namun perlu diketahui bahwa belatung atau maggot sering digunakan untuk pakan ikan seperti ikan lele, gurami, patin dan lainnya. Maggot atau belatung sangat kaya nutisi untuk tambahan pakan ikan karena mengandung protein sekitar 40% lebih dan kalau kita bandingkan protein yang ada dipasaran yang biasa digunakan untuk pakan ikan berkisar 30%, maka pemberian pakan ikan dengan belatung (maggot) ini maka kebutuhan protein dalam perkembangan pertumbuhan ikan sangatlah tinggi.
Dalam kehidupan belatung secara umum kita melihat hidupnya ditempat yang busuk atau sampah yang basah dan yang sering kali kita melihat belatung di bangkai ternak, namun dalam budidaya belatung tidaklah menggunakan bangkai ternak yang terlihat atau terfikirkan oleh kita, karena budidaya maggot ini dapat dilakukan dengan media atau bahan yang tidak mengeluarkan bau yang begitu busuk seperti bangkai.
Lalu bagaimana cara beternak belatung ditempat yang ramai sehingga tidak mengeluarkan bau busuk yang akan mengganggu tetangga dan kita sendiri saat berada dilokasi pembudidaya belatung. sebagai contoh menggunakan bahan seperti : 
  • Dedak bekatul yang disiram dengan air dan ditambahin buah buahan busuk yang terbuang sebagai tambahan pengundang lalat black soldier atau Hertemia Illucens (disarankan) yang datang (karena belatung berasal dari telur lalat yang menetas kemudian menjadi belatung kalau sudah mencapai umur tertentu akan menjadi lalat) bisa juga dicampur dengan sayuran seperti sisa kol yang dicacah sebagai tambahan pakan belatung, atau tambahkan kotoran hewan seperti ayam, sapi dan lainnya sebagai pakan tambahan belatung untuk pertumbuhannya.
  • Usahakan tempat wadah budidaya maggot tidak terkena hujan dan ditutup dengan daun kering seperti daun pisang sehingga juga terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Suhu udara (dicoba dulu deh pada suhu ditempatmu)
Yang penting bagaimana membudidaya belatung tidak mengganggu tetangga sekitar dan tidak menggunakan bahan seperti bulu ayam atau ayam tiren karena selain lalat yang datang bukan lalat black soldier.

Dengan tambahan menggunakan belatung hemat pakan konvensional hingga 25%-40% itulah yang diinginkan seluruh petani ikan sehingga keuntungan dalam budidaya juga tinggi, Lalu bagaimana dengan kesehatan ikan yang sering dikasih pakan belatung atau maggot ini?. nanti kita kumpulkan sumber terpercaya.

demikian dulu budidaya belatung (manggot) untuk ditempat yang ramai, dan dengan bahan yang mudah didapat, dan dapat memenuhi kebutuhan protein ikan.

No comments:

Post a Comment