Tuesday, March 24, 2015

Budidaya Hewan Ternak dan Pakan: Kenapa Harus Lalat Black Soldier

Kenapa Harus Lalat Black Soldier

Kenapa Harus Lalat Black Soldier
Kenapa harus lalat black soldier atau hertemia illucens dalam budidaya maggot atau belatung, dalam kebutuhan pakan ikan belatung sangat dibutuhkan dalam pemberian protein tinggi karena belatung atau maggot ini mangandung protein lebih dari 40%. lalu ada yang menyarankan kenapa kita dalam budidaya maggot atau belatung kalau bisa berasal dari telur lalat black soldier?

Alasan memilih lalat black soldier dalam budidaya belatung atau maggot:

  1. Lalat black soldier tidak hinggap pada bangkai namun hinggap pada buah-buahan seperti buah pepaya, buah duku, pisang dan sebagainya, untuk lebih irit menggunakan buah-buahan yang sudah tidak bisa dijual lagi.
  2. Selain alasan diatas, jika belatung yang kita budidaya.sudah mencapai batas waktu tertentu akan berubah menjadi lalat black soldier kembali yang hanya hinggap pada buah-buahan seperti alasan pertama tadi dan tidak akan hinggap pada makanan kita yang ada dirumah. karena jika belatung yang kita pelihara dari lalat lain maka ketika sedang mengundang lalat saja ke wadah pelihara belatung juga akan mengundang lalat itu untuk datang kerumah dan hinggap ke makanan kita dan apalagi jika belatung yang bukan berasal dari lalat black soldier tadi berubah dalam jumlah banyak maka akan sangat mengganggu kita karena akan hinggap ke makanan kita dirumah atau kerumah tetangga yang akan membuah gaduh tetangga sama kita (hehehe)
  3. Kita dalam budidaya lalat black soldier tidak menggunakan bahan bangkai ternak yang mengundang bau mengganggu kita dan orang lain.

No comments:

Post a Comment