Friday, October 17, 2014

Budidaya Hewan Ternak dan Pakan: Pakan Larva Ikan dari Kutu Air Atau Daphnia

Pakan Larva Ikan dari Kutu Air Atau Daphnia

Pakan larva ikan dari kutu air atau daphnia sangat bagus karena mengandung protein berkisar 42% dan gizi atau nutrisi yang bagus dan tinggi serta mudah dicerna oleh larva selain itu juga kutu air atau daphnia ini ukurannya relatif kecil dan sesuai dengan bukaan mulut larva dan benih ikan. Kutu air ini sudah bisa diberkan kepada larva yang sudah berumur 3 hari atau yang sudah lepas kantung kuning pada larva sebagai pakan yang tersedia saat larva ikan habis menetas dari telurnya.
Kutu air atau daphnia ini aktif bergerak sehingga mengundang larva untuk memangsanya dan untuk membudidayakan kutu air atau daphnia ini sangatlah mudah. Habitat daphnia ini adalah air tawar yang mengandung alga atau bakteri fitoplankton
  • Siapkan wadah berupa ember, atau aquarium, kolam terpal maupun kolam tembok, bisa di dalam ruangan maupun diluar ruangan, namun sebaiknya diluar ruangan karena sinar matahari diperlukan untuk perkembangan.
  • Siapkan air, usahakan air yang tidak mengandung bahan-bahan yang mematikan
  • Masukkan starter bibit kutu air atau daphnia ke dalam air yang sudah disediakan pada wadah
  • Usahakan ada aerator untuk meningkatkan kadar oksigen pada air.
  • Untuk pakan daphnia atau kutu air ini adalah Alga atau air yang hijau sekitar 10% dari tolar jumlah air dalam wadah, bisa dari bekas air kolam ikan seperti lele, nila maupun gurami yang masih ada alganya atau minimal airnya masih hijau, karena kalau hijau tentu mengandung alga.
  • Waktu panen daphnia ini adalah 3-4 hari sejak dimasukkan bibit didalam wadah dan akan terus berkembang setiap saat selama persediaan pakan tersedia
  • Selang 4 hari sekali daphnia ini bisa dipanen sebanyak yang diinginkan namun jangan semuanya karena sisanya masih bisa untuk berkembang lagi karena dengan masa umur daphnia yang hanya relatif singkat sekitar 35 hari maka harus dipanen sebelum itu, namun dalam masa perkembangannya yang bisa hampir setiap hari tentunya akan terus bertambah jumlah dan masih bisa dipanen lagi, begitu seterusnya, jika ingin lebih banyak hasil panen daphnia ini tentu memerlukan wadah yang banyak juga, yang murah meriah dan tidak memakan banyak tempat adalah ember bekas cat dan bisa disusun diatasnya.

No comments:

Post a Comment